News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Breaking News

Dahsyatnya Pengaruh Zona Schengen Bagi Kroasia

Dahsyatnya Pengaruh Zona Schengen Bagi Kroasia


SEJAK
bergabung dalam zona Schengen, Januari 2023, Kroasia mengalami lonjakan pendapatan di sektor pariwisata.
 

Laporan resmi yang dikutip dari situs Schengenvisainfo menyebutkan, sejak bergabung dalam zona schengen, Kroasi mengalami peningkatan dalam berbagai sektor pariwisata, mulai dari akomodasi, transportasi, hingga restoran. 

Pembayaran transaksi melalui kartu dan tunai meningkat tajam dari bulan ke bulan. Terjadi peningkatan signifikan dari yang semula 117 juta euro menjadi 171 juta euro pada perolehan Mei 2023. Itu berarti meningkan sekitar 46% dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau pun periode yang sama 2022. 

Persentase pertumbuhan yang sama juga tercatat selama lima bulan pertama tahun ini. Fiscalized turnover meningkat dari 275 juta euro menjadi 403 juta euro. Angka itu mencerminkan tingkat pertumbuhan sekitar 46 persen. Pertumbuhan positif juga tercatat di sektor akomodasi dan transportasi seperti layanan taksi. 


Pariwisata menyumbang 20% dari ekonomi Kroasia dan setelah kemerosotan selama pandemi COVID-19, sektor ini pulih pada tahun 2022. Pemerintah Kroasia memprediksi tahun 2023 ini pertumbuhan akan lebih besar dbandingkan dengan 2022 sebagai dampak dari masuknya Kroasia ke zona schengen.
 

"Sejauh ini, kami telah mencatat hampir 5 juta kedatangan. Angka Ini naik  20% dibandingkan tahun lalu," ujar Kristijan Stanicic, direktur Asosiasi Turis Kroasia seperti dilansir situs zawya, mengutip Reuters. 

Pada tahun 2022, pariwisata Kroasi meraup rekor pendapatan lebih dari 13 miliar euro (US$14 miliar), dan Stanicic mengharapkan pendapatan yang lebih tinggi di tahun 2023.  *** 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar