News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Breaking News

Makan di Legenda Kuliner Berusia 200 Tahun

Makan di Legenda Kuliner Berusia 200 Tahun

Waroeng Jadoel Temanggung/Foto: Lintang Rowe

Legenda kuliner di Temanggung itu bernama Waroeng Jadoel. Nuansanya benar-benar jadul, kuno! Mulai dari bangunannya sampai bagian dalam. Tempatnya tidak besar, dan terlihat nyempil di belakang halte di Jl  Sudirman, Temanggung, Jawa Tengah.

Di dalam ada meja panjang mirip warteg. Meja itu menjadi wadah aneka camilan, mulai dari tahu goreng, tempe, tape, pisang rebus, kue klepon, ongol-ongol, sampai ketan serundeng. Ada juga toples-toples kuno berisi kerupuk hingga teh.

Di samping kursi-kursi panjang, ada pilihan meja dan sofa tua, mirip ruang tamu zaman dulu. Silakan pilih, duduk di kursi panjang, di sofa kuno, atau di bagian depan warung, tepatnya di sebelah pintu masuk ada meja dan kursi panjang, persis di belakang halte.

Teh gula jawa jadi minuman favorit, harum legit dan sudah pasti membuat orang betah duduk, menikmati setiap seruputan ditemani camilan. Coba juga wedang tape yang juga menjadi salah satu minuman favorit.

Selain aneka jajanan dan wedangan, tersedia pula makanan berat. Menunya beragam, mulai dari sayur brongkos, tongkol lombok ijo yang terkenal, sayur jipang (labu siam), opor, sop iga, lele, dll. Rasanya enak. Maklum, pengelola sekarang setia menjaga resep masakan secara turun-temurun.

Foto: Lintang



Waroeng Jadoel sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Diperkirakan sudah hadir dari tahun 1800-an. Saat ini, pengelolaannya dipegang generasi ketiga yang tetap berkomitmen mempertahankan nuansa tempo dulu plus masakan dan kue-kue yang disajikan.

Soal harga, jangan khawatir, makan kenyang di Waroeng Jadoel tak akan menggoncang kantung. Bagaimana tidak, setiap jajanan yang disajikan, rata-rata bisa dinikmati dengan harga Rp2.000. Makanan beratnya pun sangat terjangkau, sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000.

Tertarik? Jangan lupa mampir ke Waroeng Jadoel saat melakukan perjalanan ke Kota Temanggung. Nikmati sensasi masakan kota tembakau ini. ***

Waroeng Jadoel
Jl Sudirman No 102, Temanggung, Jawa Tengah
Buka 24 jam



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar